Jumat, 17 Juli 2009

10 Rokok/Hari = Impotensi




Angka gangguan kesehatan dan kematian yang disebabkan oleh merokok termasuk tinggi di seluruh dunia. Di Inggris, kebiasaan merokok merupakan salah satu pembunuh paling besar. Di negeri kerajaan ini, satu dari empat orang yang disurvei mengaku merokok secara aktif.

Laporan lain menunjukkan bahwa disfungsi ereksi atau impotensi meningkat secara tajam pada perokok yang mengisap lebih dari 10 batang/hari. Jumlah ini meningkat lebih dari 50 persen apabila kebiasaan tersebut disertai penyakit degeneratif lain yang menjadi faktor risiko seperti diabetes, hiperkolesterol, dan tekanan darah tinggi.

Seorang epidemiologist dari Johns Hopkins University, Baltimore, Amerika Serikat, dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Medicine mengemukakan, 18.4 persen pria AS berusia di atas 20 tahun menderita disfungsi ereksi. Kondisi tersebut berkaitan erat dengan kebiasaan kurang berolahraga, konsumsi makanan yang buruk, dan merokok.

Fakta lain menunjukkan bahwa setengah dari jumlah pria ini ternyata menderita diabetes dan hampir 90 persen mempunyai faktor-faktor risiko kardiovaskuler lainnya seperti tekanan darah tinggi, profil lemak darah yang buruk, serta dua kali lebih berisiko pada mereka yang memiliki kebiasaan merokok.

Thomas G. Travisona dkk dari Department of Urology, Columbia University, New York, dan New England Research Institutes Watertown, Massachusetts, mempertegas sebuah studi bahwa penderita disfungsi ereksi dapat mengalami remisi alamiah hanya dengan memperbaiki gaya hidup sehat, khususnya menghentikan kebiasaan merokok.

Semua laporan di atas dapat disimpulkan bahwa perokok aktif memiliki hubungan kausalitas dengan impotensi. Banyak pusat pendidikan yang menulis tentang kesulitan mengikis kebiasaan merokok ini karena nikotin memiliki efek adiksi yang bekerja hampir sama seperti heroin atau kokain.


“10 Rokok/Hari = Impotensi”
WARTA KOTA, Kamis, 21 Agustus 2008
Hal 3, Metropolitan

Tidak ada komentar: