Rabu, 10 Maret 2010

Jalan Sore

Jalan-jalan sore dengan naik motor memang benar-benar asyik banget. Jalan ke mana saja, seperti tanpa tujuan, bisa buat pikiranku ini jadi lebih fresh. Apalagi aku bisa melihat secara langsung kehidupan masyarakat kita yang sekiranya tidak sering dilihat oleh kebanyakan orang. Keluar masuk dari satu tempat ke tempat lain, aku bisa merasakan secara jelas keseharian mereka menjalani hidup. Terkadang ada yang bisa membuat hatiku tersentuh dan miris. Melihat anak yang seharusnya seusia mereka itu menikmati masa kecil, tapi harus mencari uang demi kehidupan yang mereka jalani. Seorang wanita setengah baya, berjalan seperti tanpa tentu arah, wajah yang lesu dan memelas. Lelaki tua yang berjualan pisang di pinggir jalan, yang melihatnya saja aku kasihan, sudah tua tapi masih bekerja kasar. Seperti itu segelintir kehidupan yang dijalani oleh masyarakat kita. Yaa... setidaknya aku diharuskan berbesar hati melihat itu semua. Aku juga memiliki kedua orang tua, yang pada suatu saat nanti mereka akan bangga pada anak-anaknya karena melihat mereka berhasil menjadi “orang”. Aku berjanji untuk ini.

Tidak ada komentar: